MANFAAT DAN KHASIAT JANTUNG PISANG UNTUK KESEHATAN BISA MENGOBATI: MALARIA, MENGOBATI DIARE, STROKE,!? BEGINI CARANYA.


Tanaman pisang biasanya semua bagiannya bisa digunakan. Dari akarnya yang bisa jadikan krupuk, selanjutnya batangnya yang bisa dimasak, lalu daunnya juga sebagai pembungkus makanan serta buahnya yang bisa dikonsumsi dengan kandungannya yang baik kesehatan. Namun, tahukah bila ada sisi dari pisang yg tidak kalah bermanfaat untuk kesehatan, yaitu jantung pisang. 

Jantung pisang tidak ada didalam batangnya, tetapi diluar dari batang, lebih tepatnya menggantung berbarengan buah pisang. Jantung pisang inilah yang tempat buah pisang berasal, jika dilihat akan ada bentuk pisang kecil berbunga didalam tiap-tiap sisi jantung pisang. 

Menurut pakar farmasi Alkhamudi SSI Apt menyampaikan jantung pisang bermanfaat nyaris sama dengan pisang. Jantung pisang mengandung beragam zat yang baik untuk kesehatan, seperti protein, mineral, kalsium vitamin, serta kandungan serat cukup tinggi. 

Berdasarkan hasil riset, tiap-tiap 25 gr jantung pisang mengandung 31 kkal kalori, 1, 2 gr senyawa protein, 0, 3 gr lemak serta 7, 1 gr zat karbohidrat. Jantung pisang juga memiliki kandungan vitamin A, vitamin B1, vitamin C, serta mineral utama seperti fosfor, kalsium serta Fe (zat besi). Tidak cuma itu, bunga pisang mengandung saponin yang berfungsi turunkan cholesterol serta tingkatkan kekebalan badan dan menghindar kanker. 

Jantung pisang mengandung flavonoid yang berperan antiradikal bebas, antikanker, serta antipenuaan. Diluar itu juga mengandung yodium yang dapat menghindar penyakit gondok. 

 " Dengan kata lain, jantung pisang adalah salah satu bahan pangan yang mempunyai kandungan nutrisi paling komplet, menyehatkan, serta jadi salah satu alternatif obat, " kata alumnus UGM itu. 

Dipandang dari kandungan itu, jantung pisang sangatlah baik dikonsumsi orang yang tengah diet rendah lemak. Salah satu manfaat jantung pisang yaitu berikan efek kenyang lebih lama dibanding dengan nasi serta makanan lain. 

 " Orang yang tengah melakukan program diet pas konsumsi jantung pisang. Terkecuali berikan rasa kenyang lebih lama, jantung pisang mengandung fiber tinggi hingga bermanfaat melancarkan pencernaan serta menyehatkan perut, " kata Kepala Seksi Perbekalan Farmasi Bagian Penunjang serta Fasilitas RS Kariadi Semarang itu. 

Alkamudi menjelaskan kandungan indeks glemik (GI) jantung pisang termasuk rendah. Karenanya jantung pisang sangatlah pas dikonsumsi pasien diabetes. Tahrom (32), misalnya, mulai sejak setahun lalu dinyatakan menderita diabetes. 

Meski termasuk ringan, dia terus mesti mengatur pola makan agar tidak menjadi-jadi. Atas anjuran teman dia memasukkan jantung pisang dalam menu makan. Walau tidak tampak segera, bapak dua anak itu sangatlah rasakan manfaat jantung pisang. " Ya, memanglah tidak segera menyembuhkan. Tetapi gula darah saya dapat lebih terkontrol. Itu salah satu menu diet saya. Terkecuali murah juga enak, " tutur Tahrom. 

Bermacam zat yang dipunyai jantung pisang itu juga bermanfaat untuk menghindar perdarahan pada otak, baik dari jantung maupun pembuluh darah. Bila dikonsumsi dengan teratur, jantung pisang dapat menolong menyingkirkan serangan penyakit jantung serta stroke. Secara umum stroke dikarenakan oleh penyumbatan pada saluran darah, hingga peredaran darah tidak lancar. Walau sebenarnya, darah adalah penyalur nutrisi utama untuk badan. 

Sisi yang tidak dialiri darah karena penggumpalan akan jadi kering serta menyebabkan kehilangan manfaat dalam melindungi keseimbangan badan. Karenanya konsumsi jantung pisang dapat memperlancar aliran darah dikarenakan berbentuk antikoagulan yang menghindar penggumpalan dalam darah. 

Terkecuali kasiatnya yang sangatlah bermanfaat untuk kesehatan, jantung pisang bila di proses jadi makanan terasa tidak kalah enak dibanding makanan yang umumnya kita bisa dengan harga mahal. Terasa gurih serta manis, bila di proses dengan benar akan bercita rasa tinggi serta maknyus nikmatnya. 

Tetapi tidak seluruhnya jantung pisang bisa di proses jadi makanan. Misalnya, jantung pisang pohon pisang ambon agak pahit karena mengandung banyak tannin. Karenanya, pakai jantung pisang kepok, pisang batu, pisang siam, atau pisang kluthuk. Setiap type jantung pisang di ketahui mempunyai rasa gurih serta nikmat karena mengandung senyawa protein tinggi hingga dapat menaklukkan rasa pahit dari tannin. 

Beberapa orang mungkin saja belum tahu bahwa jantung pisang bisa di proses jadi acar, ulam, sayur lodeh, digulai, ditumis, dendeng, sate, abon, urap serta banyak lagi. 

Nah ini satu diantaranya cara membuat Gulai Jantung Pisang, yang pantas Anda cobalah dirumah : 

Masakan Gulai Jantung Pisang Lezat 

Bahan 
1 buah jantung pisang batu 
2 sdm minyak goreng 
500 ml santan kental dari 1 butir kelapa 
2 lembar daun salam 
2 cm lengkuas 
3 lembar daun jeruk 
2 sdm air asam jawa 

Haluskan 
5 cabai merah besar 
8 butir bawang merah 
5 siung bawang putih 
1 sdt garam serta 1/2 sdt merica bubuk 
1 sdt gula pasir 

Cara Membuat 
Buang kulit luar jantung pisang, lalu potong jadi dua memanjang, lalu irislah tidak tebal serta bersihkan bersih. Rebus hingga layu, angkat, tiriskan. 

Panaskan minyak goreng, tumis bumbu halus hingga harum, masukkan salam, lengkuas, serta daun jeruk. Masukkan santan, masak sampai bumbu rata serta kuah berkurang. Tambahkan jantung pisang, masak sebentar, angkat. 
Hidangkan dengan nasi putih. 
untuk 6 orang 

Saat sebelum di proses jantung pisang dibuang dulu kelopak luar yang berwarna merah, sisakan yang berwarna putih kekuningan, bersihkan bersih untuk lalu cincang/irislah halus. Untuk menyingkirkan getahnya, serta rasa sepatnya cukup dikukus, di rebus sebentar maupun di rendam dengan air saat sebelum di proses. 

Cara Memproses Jantung Pisang Untuk Menyembuhkan Penyakit : 
Memproses jantung pisang sangatlah mudah. Kupas kelopak luar hingga tersisa sisi dalam yang berwarna putih kemerahan. Bersihkan bersih, irislah memanjang, serta paling akhir bersihkan kembali sampai bersih serta rebus. 

1. Malaria 
Penyakit yang termasuk beresiko ini datang dari nyamuk, hingga dibutuhkan penyembuhan yang segera menyembuhkan virus dengan cara : 

Ambillah 1 buah jantung pisang ambon serta asam jawa terutama dahulu 
Lalu, kupas kulit luar buah jantung pisang ambon 
Timbun dalam bara api sepanjang 30 menit 
Parut atau tumbuk hingga lumat 
Peras airnya serta saring 
Masukkan air perasan dalam gelas, tambahkan sedikit asam 
Kemudian, minumlah air ramuan itu pagi hari saat sebelum sarapan. Kerjakan sejumlah 1 kali dalam satu hari untuk mengobati penyakit malaria. 

2. Mengobati Diare 
Diare yaitu masalah pencernaan yang seringkali berlangsung, tetapi kita tidak selamanya mesti konsumsi obat-obatan untuk mengatasinya. Manfaat jantung pisang ini bisa dipakai untuk mengobatinya, caranya : 

Pertama-tama, bakar jantung pisang dalam bara api hingga dalamnya masak 
kemudian ambillah yang tidak hangus 
beri bumbu urap memakai kelapa muda 
Lalu, santap urap jantung pisang secukupnya 
Kerjakan hal ini sampai diare sembuh 

 2. Stroke 
Pakai satu buah jantung pisang ambon. Rebus dengan air seperlunya. Peras serta ambillah sarinya, setelah itu minum 2 x satu hari. 

Semoga bermanfaat, salam sehat untuk Anda serta Kelaurga 

Sumber 
www. tabloidcempaka. com 
www. manfaat. co. id
Share on Google Plus

About Unknown

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.

0 komentar:

Posting Komentar